Otak Anak yang Ditelantarkan, Jauh Lebih Kecil

Kalau Anda melihat foto perbandingan otak di bawah ini, Anda pasti akan terkejut. Bagaimana tidak… foto di bawah ini merupakan foto scan otak dua orang anak berusia 3 tahun, yang menunjukkan perbedaan ukuran yang sangat jauh.

Foto otak di sebelah kiri (yang lebih besar), merupakan hasil scan otak seorang anak yang dibesarkan dengan baik dalam keluarganya dan mendapatkan kasih sayang penuh dari sang ibu. Sementara foto otak di sebelah kanan (yang lebih kecil) merupakan hasil scan otak seorang anak berusia sama, namun ia merupakan anak yang dibesarkan di tengah-tengah keluarga bermasalah, sehingga ia ditelantarkan.

Menurut ahli saraf, perbandingan ukuran otak yang sangat jauh ini disebabkan oleh perlakuan sang ibu kepada anaknya!

Dan selain ukuran yang jauh berbeda, jika Anda perhatikan lebih teliti, foto otak yang di sebelah kiri memiliki noda dan area gelap yang lebih sedikit.

Kasih Sayang Ibu dan Perkembangan Otak

ibu sayang anakSelama ini kebanyakan kita mengira bahwa kasih sayang ibu kepada anaknya hanya berpengaruh terhadap perkembangan emosionalnya. Namun ternyata lebih dari itu. Kasih sayang ibu juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan ukuran otak anak.

Penelitian menyimpulkan, anak yang diasuh oleh ibunya dengan penuh perhatian, kasih sayang, jika si anak membutuhkan maka sang ibu selalu memberikan tanggapan positif kepadanya, maka anak seperti ini otaknya akan berkembang dan tumbuh secara sempurna.

Lalu apa pengaruhnya terhadap kehidupan mereka?

Tentu saja anak yang memiliki otak yang berukuran lebih besar akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih cerdas, serta lebih bisa bersosialisasi dengan baik dibandingkan dengan anak yang otaknya ‘menciut’.

anak narkobaSementara, si anak yang berotak ‘ciut’ tersebut akan dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan ketika ia beranjak dewasa. Bahkan ia akan rentan terhadap bahaya narkoba serta sangat besar kemungkinannnya untuk terlibat tindakan kriminal!

Anak-anak yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang dan perhatian sang ibu juga menunjukkan ukuran hippocampus yang lebih besar pada otak mereka. Hippocampus dikenal dengan bagian otak yang sangat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar, mengingat, serta menyikapi stress.

Menurut para ahli, cara si anak dibesarkan dalam 2 tahun pertama hidupnyalah yang sangat mempengaruhi perkembangan serta pertumbuhan otak mereka.

Berbagai hasil penelitian ini dapat Anda lihat di Neuro Science News

Siklus Berbahaya

Yang lebih berbahayanya, anak yang ditelantarkan dan dibesarkan di tengah-tengah keluarga yang penuh dengan pelecehan dan kekerasan, tidak saja ia akan tumbuh dengan ukuran otak yang ciut, tapi nantinya jika ia berkeluarga, ia akan memperlakukan anaknya dengan cara yang sama.

Lalu, bagaimana menghentikan siklus berbahaya ini?

Dengan perhatian dan dukungan dari orang terdekat, kerabat serta lingkungan sekitar, maka siklus ini bisa dihentikan.

Ingin otak buah hati Anda tumbuh dan berkembang secara sempurna? Besarkan mereka dengan penuh kasih sayang… 😉